Thursday 5 November 2015

PGN Untuk Masa Kini dan Masa Depan


Gas bumi atau gas alam dari pipa-pipa yang disalurkan oleh PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan. Ke depan, penggunaan energi ini akan diperkirakan semakin besar seiring dengan timbulnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

PGN menjadi sumber energi yang sangat aman. Selain itu sumber gas alam PGN memiliki sifat yang bersih sehingga tidak menyebabkan masalah emisi udara. Bahkan dalam sebuah proses pengolahan, gas alam terbukti lebih bersih daripada sumber energi lain seperti batu bara atau minyak. 

Eksplorasi gas alam yang dilakukan PGN telah membantu  manusia untuk menemukan pekerjaan. Pembukaan pertambangan gas negara akan membantu para ahli teknologi dan pertambangan untuk menemukan masa depan mereka. Selain itu industri ini bisa dikembangkan menjadi sumber pekerjaan yang lebih luas. 

Manfaat PGN untuk memajukan industri ternyata memiliki potensi yang sangat besar. Nilai gas bumi sebagai bahan bakar terbarukan menjadi sangat tinggi bila sudah dirubah menjadi energi yang siap dikonsumsi, selain itu penggunaan bahan bakar gas tentunya akan jauh lebih ekonomis karena harganya jauh lebih murah. Contohnya yang dilakukan adalah dengan membangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Pembangunan SPBG ini merupakan bentuk nyata PGN untuk perluasan pemanfaatan gas bumi dalam negeri dan mendukung program pemerintah dalam konversi BBG terutama untuk transportasi. 

Saat ini sumber bahan bakar untuk kendaraan menggunakan bahan bakar minyak yang diolah menjadi berbagai jenis seperti bensin dan solar. Pemakaian bensin dan solar menimbulkan masalah kerusakan alam yang lebih besar. Sumber kehidupan manusia dipengaruhi oleh udara yang kita hirup. Kualitas udara yang buruk akan memberikan pengaruh untuk kesehatan. Sementara itu gas dari PGN yang memiliki sifat bersih bisa mengurangi emisi dari pemakaian bahan bakar lain dalam kehidupan. Gas PGN tidak bisa menghasilkan asap sehingga sangat aman untuk kualitas udara. Proses ini telah membantu lingkungan agar selalu bersih dan aman dari berbagai jenis zat polutan.

Jadi hadirnya PGN di Indonesia ini merupakan sebuah solusi, karena Gas PGN ini bisa menjadi energi pengganti minyak dan batubara yang persediaanya sudah semakin menipis. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, gas PGN telah membuat manusia untuk memikirkan cara-cara baru yang lebih aman dan gas PGN bisa menjadi manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia untuk saat ini dan masa depan. 

*Artikel ini disumbangkan untuk situs si-nergi.id

Sumber:



No comments: